Kominfo E-sport Competition, Wadah Gammers Salurkan Hoby

9 September 2023


Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menilai penyelenggaraan Kominfo E-sport Competition bisa meningkatkan perekonomian kreatif di Bondowoso. 
Menurut Wabup, data yang dikantongi saat ini untuk atlit Gammers di Kabupaten Bondowoso mencapai 8.000 yang aktif dalam E-sport. Dengan demikian, pengguna Gammers di Bondowoso bisa dinilai meningkatkan ekonomi kreatif.
"Saya mencatat ada 52 Juta populasi online, Gammersnya itu ada 32 Juta, dan untuk Bondowoso mencapai 8.000 ribu Gammers," ungkap Wabup usai membuka acara E-sport Competition yang digelar Diskominfo, Di Aula SMK 1 Bondowoso,  Sabtu (9/9/2023).
Dijelaskan Wabup, Kompetisi yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika ini bisa memberikan dampak yang luar biasa dalam peningkatan ekonomi kreatif.
Dalam kompetisi itu, nantinya diharapkan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sejatinya, dalam sebuah kompetisi yang mengandalkan kekompakan itu bisa memberi motivasi tentang bagaimana sebuah tim harus saling berkoodinasi satu sama lain.
"Kompetisi ini sangat baik sekali, kita ambil sisi positifnya karena ini membangun industri termasuk ekonomi kreatif," ujarnya.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo, Ghozal Rawan membeberkan E-sport Competition itu saat ini sudah banyak merambah ke berbagi Lembaga pendidikan, dan E-sport sendiri telah masuk dalam kategori pelajaran ekstra Kurikuler.
Dari hal tersebut,  Dinas Kominfo memberikan wadah terhadap para kaum Gammers untuk menyalurkan hobinya Di dunia Gammers. 
Selain itu, E-sport tersebut juga untuk memberikan edukasi kepada para pelajar agar tepat memilih aplikasi Game.
"Kita mewadahi, karena E-sport saat ini ternyata telah masuk sebagai ekstra Kurikuler yang dilatihkan kepada siswa-siswi," paparnya.
Kemudian, dalam E-sport Competition itu memberikan edukasi tentang bagaimana para pelajar bisa memahami tentang Game online.
"Biar tidak hanya terkesan Game saja, kita sembari memberikan pemahaman kepada para peserta," pungkasnya.
Pantauan dilapangan, E-sport Competition yang digelar oleh Diskominfo Bondowoso bekerja sama dengan ESI Bondowoso meliputi dua sesi, untuk sesi pertama dan sekaligus di buka oleh Wabup, adalah E-sport Competition Mobile Legend Bang-bang yang diikuti oleh 52 Tim dan Free Fire sebanyak 27 Tim dilaksanakan dihari kedua.