Pj Bupati Bondowoso Resmikan Sumur Bor di Desa Kladi, Cermee

18 October 2023


Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto meresmikan Sumur Bor, Di Desa Kladi, Kecamatan Cermee, Sabtu (30/9/2023).
Hal itu sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Bondowoso melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus bergerak dalam pengentasan kekeringan. Utamanya di daerah Rawan kekeringan.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mahfud Junaedi, saat menyampaikan laporan mengatakan, pembangunan Sumur Bor ini merupakan bentuk upaya dalam mengatasi masalah-masalah kekurangan air bersih.
"Ini diawali survey geolistrik yang bekerjasama  dengan Universitas Jember dan Malang, sehingga dengan pemetaan dari tim Teknis, muncullah di kedalaman 120 Meter," ungkapnya.
Dijelaskan Mahfud, Sumur Bor Itu dinilai bisa memberikan air bersih kepada ratusan Kepala Keluarga di Kecamatan Cermee.
Ditambahkan Mahfud, pembangunan sumur Bor itu sedikit memberikan solusi kepada masyarakat dalam kekurangan air bersih.
"Air sumur bor ini bisa menampung kepada 112 Kepala Keluarga di 3 Rt," jelasnya.
Kendati demikian, Sumur Bor itu hanya untuk kepentingan masyarakat yang bersifat urgent, seperti air minum dan air untuk memasak. Kemudian, Sumur Bor tersebut tidak diperuntukan untuk kepentingan yang lain, seperti mengairi sawah.
"Tidak untuk kepentingan yang lain, seperti pengairan lahan disawah, karena mengingat kondisi situasi di daerah ini sangat tandus, jadi kita fokuskan kepada kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak," tegasnya.
Ditempat yang sama, Pj Bupati Kabupaten Bondowoso, Bambang Soekwanto mengatakan, Sumur Bor ini bisa menampung 100 kubik lebih, dari 100 lebih kubik itu bisa diharapkan bisa menyalurkan air bersih kepada ratusan Kepala Keluarga.
"Saya minta untuk tahun depan siapkan pembangunan 2 titik, tolong itu di usulkan menjadi usulan skala prioritas," ujarnya.
Kemudian, Bambang juga meminta kepada masyarakat agar bisa menjaga dan merawat aset yang telah di hibahkan kepada masyarakat, jika dirawat dengan baik, maka semua aset yang telah diberikan oleh Pemkab Bondowoso akan berguna dan bermanfaat bagi keberlangsungan kepentingan masyarakat.
"Dengan diserahkannya aset sumur bor, bisa di jaga dan dikelola dengan baik," pungkasnya.