Pj Bupati Pimpin Apel Upacara Hari Santri 2023

22 October 2023


Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso menggelar Upacara Hari Santri tahun 2023, di Alun-alun Ki Bagus Asra, Minggu (22/2023).
Apel besar memperingati Hari Santri itu di Pimpin oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto dan diikuti oleh seluruh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Bondowoso. 
Saat memimpin Apel Upacara, Pj Bupati membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Qolil Qoumas.
Dalam sambutan Menteri Agama dijelaskan jika sejak tahun 2015 silam, Presiden Republik Indonesia telah menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Lahir Santri, maka dari hal itu, disetiap daerah menggelar Upacara apel Hari Santri.
"Presiden Joko Widodo telah menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sejak tahun 2015 menjadi Hari Santri, maka sejak saat Itu setiap tanggal 22 Oktober kita melakukan upacara hari santri," Demikian sambutan yang disampaikan pj Bupati.
Kemudian, sejak ditetapkannya tanggal tersebut, disetiap Daerah Memperingati Hari Lahir Santri, hal itu diabadikan sebagai lambang Harlah Santri se Indonesia. 
Tema yang diusung Hari Santri tahun ini iyalah "Jihad Santri, Jayalah Negeri".
Disamping itu, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto meminta melalui Sambutan Menteri Agama, agar seluruh santri harus bisa menjadi contoh yang baik dalam Masyarakat. 
Harus menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.
" tentunya kita juga harus mengingat betapa besar peran santri dalam perjuangan bangsa ini," tegasnya.
Ditambahkannya, Hari Santri yang setiap tanggal 22 Oktober diperingati, bukanlah hanya milik santri semata, akan tetapi, hari santri adalah milik seluruh komponen dan seluruh elemen masyarakat yang mencintai bangsa dan tanah air.
"Hari santri adalah milik mereka yang memilki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan," pungkasnya.