Pemkab Bondowoso Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan 2023

10 November 2023


Sebagai wujud mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Apel Upacara Bendera, Di Alun-alun Kilo Bagus Asra, Jumat (10/11/2023).
Bertindak sebagai Inspektur Upacara ,Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto menyampaikan amanah Menteri Sosial, Dalam penyampaiannya, Pj Bupati mengatakan,  Hari Pahlawan tahun ini mengangkat tema, semangat pahlawan untuk masa depan Bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.
"Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa," ungkapnya dihadapan Peserta upacara.
Kemudian, Pj Bupati menyampaikan dengan semangat juang yang dimiliki oleh para Pahlawan yang telah gugur, mengajarkan kepada penerus Kemerdekaan agar tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.
Bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang pecundang dalam menghadapi para penjajah, akan tetapi Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang memilki semangat tinggi dalam menegakan keadilan.
"Para pahlawan telah mengajarkan kita, kita bukan Bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk menyerah dan bersimpuh, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan Dada menggelora," tegasnya.
Dari semangat yang dimiliki oleh para pahlawan, wajib bagi rakyat Indonesia untuk melanjutkan serta merawat Kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan yang rela gugur demi kedaulatan Bangsa.
Pahlawan saat tanggal 10 November rela mati-matian dengan berbekal Bambu runcing melawan penjajah, maka dari itu, sebaiknya sebagai penerus Kemerdekaan bisa merawat dan mempertahankan Kemerdekaan. 
"Dengan hanya berbekal bambu runcing Pahlawan melawan para penjajah dalam pertempuran 10 November, musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan Lengkapnya," pungkasnya.