Tingkatkan Kapasitas SDM Melalui BPBJ, Pemkab Bondowoso Gelar Bimtek

14 November 2023


Dalam rangka meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Pemkab Bonowoso, melalui  Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Bondowoso, menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek), di Sabha Bina Praja II, Selasa (14/11/2023).
Bimtek itu dihadiri merupakan suatu wadah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan Kapasitas SDM di Bagian Barang dan Jasa.
Acara Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Haeriah Yuliati dan dihadiri, Pihak Kejaksaan dan Jajaran Forkopimda lainnya.
Dalam sambutannya, Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Haeriah Yuliati menjelaskan, kegiatan yang melibatkan seluruh OPD untuk mengoptimalkan serta meningkatkan kapasitas SDM, utamanya di Bidang Bagian Barang dan Jasa.
Hal tersebut, juga sebagai bentuk atensi dari Pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana Kerupsi.
"Untuk meningkatkan kapasitas SDM, Utamanya di bidang Bagian barang dan jasa," ungkapnya.
Kemudian, Pj Sekda memaparkan dalam Bimtek peningkatan Kapasitas SDM dibidang Barang dan Jasa itu, sekaligus menjadi atensi bagi para OPD terkait, utamanya yang bersinggungan dengan perihal Bagian Batang jasa.
Dalam Bimtek itu juga disebutkan sebagai bentuk antisipasi bagi Lingkup Pemerintah Kabupaten Bondowoso, dalam mengantisipasi terjadinya tindak pidana korupsi di bidang pengadaan barang jasa.
"Ini juga merupakan atensi dari KPK, yang juga masuk dalam MCP KPK, jadi pengadaan barang dan jasa itu sangat rentan sekali. Jadi kita tidak ingin teman-teman kita ini bersentuhan dengan hukum," tuturnya.
Disamping itu, Pj Sekda menekankan kepada seluruh OPD yang hadir agar bisa mengimplementasikan semua paparan yang diberikan oleh Tim Bimtek.
Ditambahkannya, semua bentuk tindakan pidana Korupsi bermula dari Sumber daya Manusianya, maka dari hal tersebut, Pemkab melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggelar Bimtek peningkatan kapasitas SDM Bagian Barang Jasa.
"Semua tindak pidana korupsi yang dilakukan bermula dari SDM, untuk itu kita melakukan peningkatan Kapasitas SDM ini," tandasnya.