Wakili jawa timur, desa Sumbersuko melenggang ke 20 nominasi award desa cinta statistik tingkat Nasional

24 November 2023


Bondowoso kota tape, tengah mendung sayu diguyur hujan memasuki akhir November. Namun, sebuah kabar gembira nampaknya membuat republik kopi full senyum. Ya, Desa Sumbersuko Kecamatan Curahdami membagikan kabar mengejutkan dengan berhasil lolos mewakili Provinsi Jawa Timur pada gelaran nasional bertajuk Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Bak sinar matahari ditengah mendung, semua pihak senang dengan prestasi ini. 

Kini desa Sumbersuko bertarung di babak 20 besar nasional untuk memperbutkan tempat 10 besar penerima award / penghargaan dari BPS RI. Ajang tersebut kini sudah memasuki tahap Field Evaluation (FE) dimana tim penilai desa cantik BPS RI datang berkunjung ke desa Sumbersuko untuk melihat fakta lapangan. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 21-22 November 2023.

pada tanggal 21 November tim penilai didampingi oleh Kepala BPS Kabupaten Bondowoso sowan ke pendopo Kabupaten Bondowoso bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Asisten 1, Kadin Kominfosantik, Kadin Sosial, Kadin PMD dan Camat Curahdami. Pertemuan sederhana nan singkat berlangsung dengan khidmat. Ibu Sekda Kabupaten Bondowoso memperkenalkan Kabupaten Bondowoso kepada tim penilai. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke kantor BPS Kabupaten Bondowoso untuk dilakukan pemaparan oleh tim desa cantik BPS Kabupaten Bondowoso.

Pada tanggal 22 November 2023, tim penilai berkunjung ke desa Sumbersuko untuk melihat langsung kondisi desa. Pertemuan ini dihadiri oleh Kadin Kominfosantik, Kadin PMD beserta Sekdin dan Camat sebagai bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Bondowoso kepada desa Sumbersuko. Proses penilaian oleh tim berjalan dengan lancar. 

Pemerintah daerah Bondowoso, sangat bangga dan mendukung penuh desa Sumbersuko bisa masuk dalam nominasi 10 besar desa cantik nasional. Kita tunggu saja kabarnya, baik ataupun tidak, semua pihak sudah berusaha. Terpenting dari itu semua, semoga kegiatan pembinaan desa cantik oleh BPS Kabupaten Bondowoso bisa memberikan manfaat yang luas kepada seluruh masyrakat Bondowoso.