Pemkab Bondowoso Apresiasi Desa Cinta Statistik

27 November 2023


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengapresiasi Desa Sumber Suko, Kecamatan Binakal, dimana Desa itu saat ini menjadi Replikasi bagi Desa-desa lain yang ada di Kabupaten Bondowoso.
Desa Sumber Suko menjadi satu-satunya Desa yang maju dan tampil dalam perhelatan Nasional untuk memperebutkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI.
Dari juara itu, nantinya Kabupaten Bondowoso bisa menjadi percontohan bagi Kabupaten-kabupaten lain.
Saat ini, Desa Sumber Suko menuju 10 besar dalam perhelatan Inovasi Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).
Menurut Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Haeriah Yuliati saat dikonfirmasi Bharata menjelaskan, Apresiasi kepada Desa Sumber Suko lantaran menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur guna mengukir Prestasi membangun Bondowoso.
"Tentunya kita (Pemkab) Optimis, Desa Sumber Suko bisa masuk 10 bahkan 3 besar," ungkapnya, Senin (27/11/2023).
Kemudian, Pj Sekda mengakui jika pada saat Tim dari pusat memberikan penilaian di Desa Sumber Suko dirinya hadir untuk menyaksikan bagaimana keadaan yang sebenarnya. Dari hal itu, Haeriah berharap agar nantinya Desa Sumber Suko masuk dalam 10 besar.
Informasi yang didapat, Nilai yang diraih oleh Desa Sumber Suko pada saat penilaian oleh Tim Juru, untuk Desa Sumber Suko mendapat Nilai yang sangat tinggi.
Desa yang nantinya meraih juara, atau Masuk 10 besar, Tambah Haeriah, akan menjadi pusat sumber data yang Valid.
"Sebetulnya, apabila Desa Sumber Suko ini berhasil, tidak menutup kemungkinan bakal menjadi rujukan bagi Desa-desa di Kabupaten Lain," ujarnya.
Disamping itu, Pemkab Bondowoso nantinya bakal tetap mereplikasi Desa Cantik ke Desa-desa lain yang ada di Kabupaten Bondowoso.
"Kita berencana mereplikasi program Desa Cantik ini untuk Desa-desa yang lain, jadi kita akan tetap bekerjasama dengan pihak BPS untuk satu Datanya," tuturnya.
Satu Data itu nantinya menjadi sumber data di Desa baik mencakup data kemiskinan, dan data-data yang lain, hal itu Pemkab bakal terus bekerjasama dengan pihak BPS.