Kabupaten Bondowoso Terima Penghargaan Opini WTP ke-10

2 May 2024


Pj. Bupati Bondowoso, Drs. Bambang Soekwanto, M.M., bersama Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso Ahmad Dhafir, didampingi Pj. Sekretaris Daerah Haeriah Yuliati, S. Sos, M.M dan Kepala Perangkat Daerah terkait, menghadiri acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, yang berlangsung di Auditorium Lantai II, Kamis, (2/5/2024). 
Kehadiran Pj. Bupati ini menjadi momentum penting bagi Kabupaten Bondowoso, karena hasil pemeriksaan yang diraih menegaskan prestasi dalam menjaga keterbukaan dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.
Pj. Bupati Bambang Soekwanto menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian ini. 
"Kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK untuk ke-10 kalinya secara berturut-turut adalah suatu prestasi yang luar biasa bagi Kabupaten Bondowoso", ungkapnya.
"Ini merupakan bukti nyata komitmen kita dalam menjalankan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel," ujarnya
Opini WTP yang diberikan oleh BPK menegaskan bahwa LKPD Bondowoso telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam pengelolaan keuangan daerah. Hal ini menjadi cerminan dari upaya keras Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam mengelola anggaran dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku.
Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bambang Soekwanto, juga tidak lupa untuk mengapresiasi seluruh jajaran pemerintah daerah yang telah bekerja keras untuk mencapai hasil yang sangat membanggakan ini. 
"Kita harus terus menjaga momentum ini dan meningkatkan kinerja kita di masa yang akan datang. Opini WTP bukan hanya sekadar sebuah pencapaian, tetapi juga sebuah tanggung jawab untuk terus mempertahankan dan meningkatkannya," pungkasnya.
Keberhasilan raihan WTP 10 kali berturut turut, tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Bondowoso, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan publik. 
Dengan pencapaian ini, semakin menegaskan Kabupaten Bondowoso sebagai salah satu contoh keberhasilan dalam tata kelola keuangan daerah di Indonesia.