Pemkab Bondowoso Dapatkan Kucuran Dana Rp3 Miliar Dari GAIN, Turunkan Angka Stunting

13 May 2019


Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengapresiasi atas apa yang dilakukan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) yang berupaya turut serta menurunkan angka stunting di Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi ini.
Pasalnya, GAIN akan meluncurkan dua program yakni metode komunikasi Emo Demo dan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM) di daerah yang diintervensi memiliki angka stunting yang tinggi. Dan di Jawa Timur (Jatim), Kabupaten Bondowoso termasuk didalamnya selain Trenggalek, Jember, Probolinggo dan Kota Surabaya.
Untuk itu, GAIN mengucurkan dana pendampingan untuk lima daerah di Jatim ini sebesar Rp40Miliar. Sedangkan, Kabupaten Bondowoso sendiri mendapat kucuran dana sebesar Rp3Miliar untuk 3 tahun.
“Kami akan membuat suatu regulasi bahwa proses Emo Demo ini harus dilakukan secara masif di Kabupaten Bondowoso dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di Bondowoso. Tentunya, bagaimana angka stunting di Bondowoso itu harus turun. Termasuk masalah sanitasi, ODF, dengan target harus di bawah dua digit,” tutur Wabup Irwan saat melakukan pertemuan dengan Country Director GAIN Indonesia, Mr Rafi Menon, di Pendopo Bupati, Kamis (9/5/2019).
Sementara, Mr Rafi Menon dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa pihaknya, melalui program metode komunikasi Emo Demo lebih menekankan perubahan perilaku pemberian makanan bayi dan anak.
“Indikatornya adalah keberagaman makanan dan konsumsi makanan yang mencapai standar minimum,” pungkasnya.
Untuk diketahui, di Kabupaten Bondowoso, GAIN akan memberikan pendampingan di 13 Kecamatan dalam rangka menurunkan angka stunting atau gizi buruk.(kominfo)