Pimpin Acara Petik Kopi, Ini Pesan Wabup Irwan Kepada Petani

4 July 2019


Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, memimpin acara petik kopi bersama petani di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Selasa (2/7/2019).
“Kita harus bisa meningkatkan profesionalisme para petani kopi,” tutur Wabup Irwan saat memberikan arahan.
Menurut Wabup kelahiran Bondowoso ini, profesionalisme petani kopi berpengaruh terhadap masa depan sektor perkopian di Kabupaten yang dikenal dengan Republik Kopi ini.
“Petani yang profesional itu harus bisa menjaga mutu kopi. Untuk tetap bisa mempertahankan pasar hingga ke dikancah dunia, petani kopi harus mengikuti SOP dari PTPN XII. Mulai dari cara tanam hingga cara petik. Disini, tugas kelompok tani untuk memberikan pengertian kepada para petani kopi,” jelasnya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian, Dwi Wardana, menerangkan, digelarnya petik kopi ialah sebagai wujud rasa syukuran atas panen yang melimpah pada setiap tahunnya. Karena kopi merupakan mata pencaharian utama warga, maka setiap kali panen perlu dirayakan sebagai bentuk rasa syukur.
“Selain sebagai bentuk rasa syukur, acara petik kopi juga untuk menjaga ekosistem dan meningkatkan ekonomi produktif,” pungkasnya.(kominfo)