Pemprov Lampung Belajar Penerapan SAKIP Di Kabupaten Bondowoso

15 July 2019


Beradasar pada rekomendasi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI, 11 Kabupaten di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berkunjung Ke Kabupaten Bondowoso untuk melakukan studi tiru.
Studi tiru yang dimaksudkan adalah belajar penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Pasalnya, predikat SAKIP Kabupaten Bondowoso telah meraih nilai BB.
“Hari ini, kita kedatangan tamu dari Pemprov Lampung untuk melakukan studi tiru dan belajar tentang SAKIP. Ini merupakan penghargaan luar biasa, Bondowoso menjadi rujukan penerapan SAKIP,” tutur Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat usai menyambut kedatangan 11 Kabupaten dari Pemprov Lampung ini, Selasa (9/7/2019), di Wisma Wabup.
Predikat SAKIP yang telah diraih Kabupaten Bondowoso, disampaikan Wabup Irwan, merupakan kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. Menurutnya, mereka semua kompak dan bersinergi dalam perolehan predikat SAKIP ini.
“Semua OPD tidak berjalan sendiri-sendiri. Mereka semua kompak dengan membentuk Forum Group Discussion (FGD). Semua saling mendukung,” imbuh pria kelahiran Bondowoso ini.9
Jika dibandingkan dengan Lampung, dijelaskan Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) Lampung Timur, Senen Mustaqim, Kabupaten Bondowoso memiliki predikat SAKIP yang lebih baik daripada daerah dirinya bekerja. Tentu, ini menjadi dasar pihaknya melakukan studi tiru di daerah yang terkenal dengan penghasil kopi ini.
“Menurut penilaian kami, Bondowoso lebih baik dari Lampung. Maka dari itu, kami rasa sangat perlu untuk belajar penerapan SAKIP disini,” pungkasnya.
Untuk diketahui, selain melakukan studi tiru di Kabupaten Bondowoso, Pemprov Lampung juga berjunjung ke Kabupaten Sidoarjo, Gresik dan Probolinggo.(kominfo)