Pemkab Bondowoso Siapkan Pemandangan Arak-Arak Sebagai Rest Area Exit Tol Probowangi

16 August 2019


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso telah mempersiapkan destinasi wisata Pemandangan Arak-Arak sebagai rest area Exit Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi).
Pasalnya, Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bahctiar Rahmat bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat telah meninjau tempat tersebut, Rabu (14/8/2019).
Kunjungan ke destinasi wisata Pemandangan Arak-arak tersebut dilakukan guna memantau persiapan dibukanya gerbang Tol di Buduan – Besuki.
“Tinjauan Destinasi wisata ini dalam rangka persiapan dibukanya pembangunan exit Tol Probowangi, yang nantinya Pemandangan Arak-arak akan menjadi rest area,” tutur Wabup Irwan.
Selain menjadi rest area exit Tol Probowangi, disampaikan Wabup kelahiran Bondowoso ini, Pemandangan Arak-arak akan dilengkapi dengan fasilitas umum. Selain itu, menurutnya, destinasi wisata yang ada di ujung barat Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi ini juga sebagai salah satu upaya Pemkab dalam rangka mempromosikan wisata yang ada di Bondowoso.
“Sejumlah fasilitas telah kita bangun, seperti jalan dalam kawasan, gazebo, rumah pohon dan musholla serta penambahan Infrastruktur seperti menara pandang dan gedung TIC,” ungkapnya.
Tak hanya itu, sebagai rest area exit Tol Probowangi, Pemkab Bondowoso juga akan menyiapkan lahan parkir bagi para pengendara yang ingin beristirahat sekaligus menikmati destinasi wisata di Pemandangan Arak-Arak ini.
“Coffee shop dan rehabilitasi tempat parkir juga nanti akan diselesaikan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bondowoso guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” jelas Wabup Irwan.
Sementara, Kepala Disparpora Kabupaten Bondowoso, Harry Patriantono mengucapkan, Pemandangan Arak-Arak diharapkan menjadi destinasi wisata terdepan setelah dibangunnya proyek Exit Tol Probowangi. Sehingga, menurutnya, para pengguna jalan yang akan memasuki rest area akan disuguhkan pemandangan alami di daerah bagian paling barat Bondowoso ini.
“Memang kita harapkan menjadi rest area. Ketika orang yang akan masuk ke Bondowoso bisa beristirahat dan bisa menikmati pemandangan serta bisa menikmati kuliner khas Kabupaten kita,” ujarnya.
Bahkan, imbuh Harry, Disparpora telah melengkapi akses bagi wisatawan luar dengan menyajikan informasi teraktual seputar destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bondowoso dengan sebutan Touris Information Center (TIC).
“Pemandangan Arak-Arak adalah beranda terdepan kita, sehingga orang akan mudah mendapatkan informasi tentang pariwisata yang ada di Bondowoso,” pungkasnya.(kominfo)